24 Juni 2019

Pemprov Banten & Sejumlah Kab/Kota Raih SAKIP Award 2018

SERANG, (KB).- Pemprov Banten dan sejumlah kabupaten/kota meraih award atau penghargaan atas prestasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2018. Penghargaan itu diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin pada penyerahan laporan hasil evaluasi SAKIP Wilayah I di The Trans Luxury Hotel, Bandung, Senin (28/1/2019).

Pemerintah Provinsi (Pemrov) Banten mendapat predikat B atas prestasi akuntabilitas kinerja pemerintah daerah tahun 2018. Penghargaan tersebut diberikan dalam acara apresiasi dan penyerahan laporan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018 Pemerintah Provinsi, Kabupaten, dan Kota Wilayah I, di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Senin (28/1/2019).

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Ino S. Rawita mengucapkan apresiasi kepada seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Banten atas kenaikan peringkat hasil evaluasi kinerja tersebut. “Atas nama Pemprov Banten, Pak Gubernur, Pak Wakil Gubernur mengucapkan terima kasih untuk peningkatan kinerja dengan raihan predikat B yang diraih. Semoga ke depan bisa lebih baik, sehingga Pemprov Banten bisa mencapai predikat A untuk hasil evaluasi kinerja di tahun mendatang,” tuturnya.

Bagi pemerintah kabupaten/kota yang belum mendapat hasil evaluasi yang baik, Ino mengatakan, pemerintah provinsi akan mendorong agar ke depan hasil evaluasinya bisa semakin meningkat. Sebab menurutnya, d mendapatkan hasil evaluasi kinerja yang lebih baik, diyakini akan berpengaruh terhadap peningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat di masing masing daerah yang ada di Provinsi Banten.

Dari daftar daerah di Banten yang meraih penghargaan, satu di antaranya adalah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang. Penghargaan atas prestasi dalam SAKIP 2018 itu, diterima Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Untuk tahun ini, predikat SAKIP Pemkab Serang meningkat menjadi BB Plus dengan nilai 74,54 poin dari yang sebelumnya predikat BB dengan 70,01 poin.

Poin tersebut merupakan yang tertinggi dari kabupaten/kota lain di Provinsi Banten. Tahun 2012 sampai 2015, pemkab mendapat predikat CC, 2016 predikatnya meningkat menjadi B (baik). Kemudian meningkat kembali tahun 2017 berpredikat BB (sangat baik) dengan nilai 70,01 poin, dan di 2018 meningkat menjadi BB Plus dengan nilai 74,54 poin.

Secara nasional dari 518 kabupaten/kota, lima kabupaten/kota berpredikat D, 97 berpredikat C, 162 berpredikat CC, 185 berpredikat B, 40 berpredikat BB, dan 9 berpredikat A. Rata-rata nilai kabupaten/kota adalah sebesar 56,53 poin atau kategori CC.

Di Provinsi Banten, predikat tertinggi baru mencapai BB yang diraih tiga daerah yakni Kabupaten Serang dengan 74,54 poin, Kabupaten Lebak 74,15 poin, dan Kabupaten Pandeglang 70,15. Lima kabupaten/kota lainnya dibawa predikat BB. Sementara, Pemprov Banten baru mencapai predikat B dengan nilai 60,2 poin.

Dengan predikat BB plus, Kabupaten Serang satu tingkat lagi menuju predikat A (terbaik) dengan nilai minimal 80 poin. “Kami bangga atas penghargaan ini, tetapi tidak boleh berpuas diri. Prestasi ini harus menjadi motivasi dan melakukan kinerja terbaik untuk masyarakat Kabupaten Serang,” ujar Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dalam rilis yang diterima Kabar Banten, Senin (28/1/2019).