17 Juli 2018

Pabrik Mobil asal Tiongkok Resmi Dibuka di Cikande

SERANG – Mobil asal Tiongkok akan masuk dan bersaing di pasar Indonesia. Setelah diresmikannya pabrik PT Sokonindo Automobile, di Kawasan Modern Cikande Industrial Estate, Kabupaten Serang. Pabrik ini ditargetkan memproduksi 50 ribu unit mobil per tahun.

Co-CEO PT Sokonindo Automobile Alexander Barus mengatakan, per hari ini pabrik perusahaan otomotif ini resmi dibuka. Setelah dimulai pembangunan fisik pada 2014 dan 2015. Kemudian selesai pada pertengahan 2017.

“Pabrik mobil Sokonindo ini berada pada lahan 20 hektare di Kawasan Modern Cikande,” ujar dia saat meresmikan pabrik PT Sokonindo Automobile, Selasa (28/11).

Investasi pada pabrik ini mencapai 150 juta dolar Amerika. Direncanakan akan dikembangkan investasinya mencapai 300 juta dolar Amerika.

Adapun produksi 50 ribu unit per tahun, kata Alexander, setelah diterapkan tiga shift yang berteknologi robot flexible manufacturing system yang konsisten dan efisien dengan ketelitian hampir 100 persen.

“Karyawan saat ini ada sebanyak 376 karyawan Indonesia dan 39 karyawan Tiongkok,” ungkapnya.

Dikatakan, pada tahap awal operasi pabrik ini bekerja satu shift. Kemudian target pada 2019 bisa bekerja tiga shift, dengan merekrut tenaga kerja mendekati 2.000 karyawan dengan skill dan keterampilan tinggi.

“95 persen karyawan akan diambil dari Indonesia,” tukasnya.

Menteri Perindustrian Republik Indonesia Airlangga Hartarto mengatakan investasi di pabrik mobil ini merupakan salah satu mobil dengan kemampuan produksi dan harga yang terjangkau.

“Jujur, bahwa bahan baku yang dipakai di sini dari Krakatau Steel. Pendalaman industri dibuktikan di pabrik ini, bukan hanya memenuhi pasar global. Tapi kita sudah mampu pendalaman lokal industri dengan konten produksi,” ujarnya di Kawasan Modern Cikande Industrial Estate, Kabupaten Serang, Selasa (28/11).

Pada acara ini hadir Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, investor PT Sokonindo Automobile, Mr Zhang Xingming, Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Perwakilan Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Mr Wang Liping, Komisaris Kawasan Modern Cikande, dan para tamu undangan. (Anton Sutompul/antonsutompul@gmail.com).