17 November 2018

Bupati Serang Lantik Kepala DPMPTSP dan DPKTBP

SERANG,(KB).- Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah melantik dua kepala OPD, yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Syamsudin dan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Tata Bangunan (DPKPTB), Adjat Gunawan. Pelantikan berlangsung di Pendopo Bupati Serang, Jumat (26/5/2017).

Kedua pejabat tersebut dianggap berkompeten menggantikan para seniornya yang pensiun. Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah menyatakan, DPMPTSP merupakan salah satu OPD yang memberikan pelayanan langsung dan menjadi penentu masuk dan tidaknya investor ke wilayah Kabupaten Serang.
“Perizinan sudah satu pintu dan itu harus dikoordinasikan dengan baik, jangan sampai saling menyalahkan tidak ada perizinan ataupun mengganggu iklim investasi di Kabupaten Serang,” katanya.

Untuk DPKPTB, ujar dia, tidak lepas dari persoalan rumah tidak layak huni serta pembangunan fisik yang berasal dari APBD Kabupaten Serang, yakni seperti pembangunan gedung sekolah yang rusak. “Ada pekerjaan rumah (PR) cukup besar untuk DPKPTB, karena ada persoalan rumah tidak layak huni dan juga pekerjaan fisik yang dari dana APBD. Semua tahu anggaran dari APBD sangat terbatas, untuk itu sinergikan dengan pusat dan provinsi,” ujarnya.

Menurut dia, kedua pejabat tersebut juga memiliki banyak pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Selain harus bisa memberikan pelayanan izin yang transparan dan mudah, juga harus segera menyelesaikan pekerjaan fisik, seperti pembangunan rumah layak huni serta pembangunan ruang kelas sekolah yang rusak. Bahkan, bukan itu saja PR-nya, ada beberapa item yang harus selaras dengan RPJMD Kabupaten Serang. “Saya optimistis, kedua orang tersebut mampu untuk menyelesaikan program ataupun pekerjaan yang menjadi tupoksi OPD,” ucapnya.

Sementara itu, Adjat Gunawan menegaskan, dari sekian banyak pekerjaan, pihaknya akan lebih fokus pada program pembangunan rumah layak huni. Hal tersebut seiring dengan cita-cita Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, yaitu meningkatkan IPM.  “Penyelenggaraan yang harus ditangani menekankan IPM, maka fokus pada perumahan swadaya khususnya masyarakat bepenghasilan rendah, tentunya dengan target dan perencanaan yang matang,” tuturnya.

Terpisah, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Serang, Cholis Rowiyah berharap, Kepala DPMPTSP dan DPKPTB Kabupaten Serang terpilih melalui proses lelang jabatan dan dilantik hari ini (Jumat), bisa menyelesaikan pekerjaan yang tertunda. Khususnya untuk DPMPTSP yang menjadi mitra Komisi I DPRD Kabupaten Serang. “Harus ada perbaikan kinerja, yang sudah-sudah ambil sisi baiknya, tingkatkan komunikasi dan sinergikan dengan instansi yang terkait,” katanya. (H-45)***